Sebagai salah satu kota tujuan liburan di Indonesia, kau dapat menemukan banyak masakan Jogja legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Selain karena usianya, setiap daerah juga menyimpan rasa otentik yang terus dijaga selama puluhan tahun berdiri. Penasaran daerah masakan apa saja yang seharusnya kau kunjungi ketika berada di Jogja? Berikut ini merupakan rekomendasinya!

Rekomendasi Masakan Jogja Legendaris

Masakan Jogja legendaris tersedia dalam beraneka varian, mulai dari makanan berat sampai camilan dan dessert yang menyegarkan. Dari slot demo nolimit city banyaknya pilihan yang ada, terdapat sebagian daerah masakan yang betul-betul sayang untuk dilewatkan. Berikut ini merupakan daftar lengkapnya!

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Untuk mengawali perjalanan mencicipi masakan Jogja legendaris, kau dapat berkunjung ke Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang ada di Malioboro. Daerah sarapan yang legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan enggak ada matinya!

Gudeg yang mereka sajikan selalu sukses bikin para pengunjung ketagihan dengan cita rasa khas yang sudah mereka jaga selama puluhan tahun berdiri. Dan yang pasti, harga makanan di daerah ini betul-betul relatif murah, mulai dari Rp 15 ribuan aja! Jadi, apabila kau lagi jalan-jalan ke Jogja, pastikan mampir ke Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, ya.

2. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Di Angkringan Kopi Joss Lik Man, kau dapat mencicipi masakan Jogja legendaris nasi kucing dan kopi joss. Selain itu, kau juga dapat mencicipi beraneka masakan simpel seperti orek tempe, aneka sate, gorengan, dan saos pedas teri yang bikin nagih.

Di antara banyaknya pilihan menu, kopi joss merupakan yang paling populer di daerah ini. Mereka membuatnya dengan menyeduh kopi panas lalu diberi arang panas yang diambil langsung dari tungku. Hening aja, itu aman kok!

Lokasi daerah nongkrong tenar ini enggak jauh dari Stasiun Tugu Jogja. Harganya? Terjangkau banget, dengan budget Rp25.000 kau dijamin sudah dapat menikmati suasana malam Jogja sambil makan dan ngemil di Angkringan Kopi Joss Lik Man.

3. Mie Ayam Bu Tumini

Jikalau kau penggemar mie, berkunjung ke Mie Ayam Bu Tumini seharusnya jadi rencana seharusnya! Ini bukan mie ayam awam, melainkan salah satu masakan Jogja legendaris yang rasanya bikin ketagihan. Kuah yang mereka sajikan kental berwarna coklat dengan ayam dan ceker di atas mie yang kenyal, bener-bener mantap. Tapi, siap-siap aja buat antre karena daerah ini selalu ramai pembeli.

Domisilinya di Jl. Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 17.00. Harganya juga relatif murah, mulai dari Rp 11 ribuan aja! Jadi, apabila lagi di Jogja dan pengen nikmatin mie ayam legendaris, langsung aja ke Mie Ayam Bu Tumini. Lidah dan perut kau dijamin puas!

4. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Selain penggemar mie, Jogja juga punya masakan legendaris untuk kau yang menyukai dengan makanan pedas, merupakan Oseng Mercon Bu Narti. Oseng mercon di sini dihasilkan dari kikil dan gajih sapi yang diolah dengan rempah dan cabe rawit merah. Rasanya unik dan pedas, jadi pantas banget buat kau yang memang menyukai pedas.

Nah, apabila berkeinginan nyicipin masakan Jogja legendaris ini, langsung aja ke Jalan KH. Ahmad Dahlan No.107, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Tempatnya buka setiap hari mulai jam 16.00 sampai 23.00. Harganya juga masih relatif murah, mulai dari Rp 25 ribuan. Jadi, apabila malam-malam pengen makan pedas, Oseng Mercon Bu Narti seharusnya banget untuk kau kunjungi!

5. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari merupakan masakan Jogja legendaris yang bikin ngiler! Daging kambingnya super empuk dan lezat, nggak heran toko sate ini selalu rame pengunjung. Uniknya, sate klathak ini ditusuk pake jeruji sepeda, bukan bambu awam. Kalo kau pengen jenis, mereka juga punya gule kambing yang gak keok enaknya.

Domisilinya di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul. Buka setiap hari dari jam 18.30 sampai 00.00. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari Rp 20 ribuan. Jadi, apabila lagi di Jogja dan berkeinginan nikmatin sate kambing yang luar awam, langsung saja datang ke Sate Klatak Pak Bari.

6. House of Raminten

Nah, buat penggemar masakan dan atmosfer tradisional, House of Raminten di Jogja merupakan pilihan yang tepat banget! Mereka sukses menghadirkan menu tradisional Yogyakarta, seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit, dan nasi kucing dengan sentuhan elegan dan berkelas.

Daerah makan ini bukan hanya perihal makanan lezat, melainkan juga perihal pengalaman. Di sini, kau dapat menikmati suasana tradisional Jawa yang asli. Malah, para pelayannya mengenakan pakaian khas kemben Jawa. Yang unik, ada kentongan di meja untuk memanggil pelayan apabila kau butuh bantuan.

Domisili rumah makan masakan Jogja legendaris ini ada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jadi, apabila pengen mencicipi masakan tradisional dengan sentuhan elegan, langsung aja ke House of Raminten. Suasana dan makanannya pasti bikin pengalaman makan kau jadi istimewa!

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *