Sulawesi Barat, sebuah provinsi yang kaya akan budaya dan keindahan alam, juga menawarkan kelezatan kuliner yang menggugah selera. Dari hidangan laut yang segar hingga makanan tradisional yang kaya rasa, berikut adalah beberapa kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke wilayah ini.

1. Pallubasa

Pallubasa adalah semacam sup khas Sulawesi Barat yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak dalam kuah kental dengan campuran rempah-rempah yang khas. Rasanya yang gurih dan kaya akan bumbu membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai oleh penduduk setempat dan wisatawan.

2. Ikan Bakar

Dengan pantai yang menghadap ke Samudra Hindia, Sulawesi Barat menyajikan ikan bakar yang segar dan lezat. Ikan yang dipanggang dengan bumbu rempah khas https://www.otodeals.com/ Sulawesi Barat memberikan cita rasa yang unik dan memikat bagi para penggemar kuliner laut.

3. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta adalah hidangan khas dari daerah Mandar yang terbuat dari ikan tongkol yang dibalut dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat hidangan ini menjadi favorit di antara wisatawan dan penduduk setempat.

4. Coto Makassar

Meskipun Coto Makassar berasal dari Makassar, hidangan ini juga populer di Sulawesi Barat. Coto adalah semacam sup daging yang dimasak dalam kuah kental dengan campuran kacang tanah, santan, dan rempah-rempah. Rasanya yang kaya dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai.

5. Pisang Epe

Sebagai penutup yang manis, jangan lewatkan untuk mencicipi Pisang Epe. Pisang yang dipanggang kemudian dipadatkan dan disajikan dengan sirup gula merah atau karamel. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah menikmati hidangan utama.

Dengan beragam hidangan lezat yang tersedia, menjelajahi kuliner Sulawesi Barat adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggemar makanan lokal. Dari hidangan laut yang segar hingga makanan tradisional yang kaya rasa, setiap gigitan merupakan petualangan baru dalam mengeksplorasi cita rasa daerah ini.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *