Saat mengunjungi suatu daerah untuk bertamasya, pastinya tak akan legal apabila kita tak menyempatkan diri untuk mencicipi masakan khas yang terdapat di kawasan hal yang demikian. Indonesia memiliki ribuan destinasi tamasya yang menawan nan luar biasa, salah satunya Banda Aceh.

Nah, bagi kau yang akan tengah merencanakan tamasya, kenal dulu yuk beberapa rekomendasi tamasya masakan enak di Banda Aceh dengan harga murah yang patut dicoba sebab Mangat That alias Nikmat Sekali dalam bahasa setempat.

Kuliner Banda Aceh yang Semestinya Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup
Mie Aceh
Siapa sih yang tak tahu dengan jenis masakan satu ini? Kafe yang memasarkan mie Aceh bahkan sudah dapat kau temukan dengan mudahnya di pinggiran jalur kota-kota besar seperti Jakarta.

Tapi, tentu kunjunganmu akan dianggap belum lengkap apabila tak mencoba seketika mie Aceh yang dijadikan oleh orang Aceh itu sendiri. Karenanya dari itu, mencicipi mi Aceh saat berkunjung ke Banda Aceh patut dijadikan sebagai rencana patut.

Kuwak Pliek U
Dapat dikatakan sebagai gulai khas Aceh, Kuwak Pliek U disampaikan dengan menggunakan daun dan buah mlinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya, dan daun kecombrang. Kala juga dapat ditambah dengan chu atau sejenis siput sungai.

Dulu kala, jenis masakan satu ini cuma dapat dirasakan oleh anggota kerajaan saja, melainkan saat ini sudah dapat dikonsumsi oleh masyarakat secara bebas. Jikalau kau berkunjung ke acara besar yang diadakan oleh orang Aceh, dapat dipastikan kau dapat menemukan Kuwak Pliek U sebagai salah satu hidangan yang disampaikan.

Kuah Beulangong
Jikalau Kuwak Pliek U ialah gulai khas Aceh, karenanya Kuah Beulangong dapat diistilahkan sebagai kari khas Aceh. Beulangong itu sendiri slot spaceman ialah sebutan warga Aceh untuk belangga besar yang diterapkan untuk memasak hidangan ini.

Memiliki wangi-wangian yang demikian itu enak dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang bermacam-macam, Beulangong tak menggunakan santan di dalam kuah melainkan menggunakan kelapa yang diparut dan dioseng beriringan dengan bumbu-bumbu lainnya.

Lazimnya, Beulangong akan disampaikan dengan potongan daging ayam, sapi, atau kambing berikut dengan es timun segar yang dapat kau pesan di rumah makan guna menetralisir kadar kolesterol. Wah, tampak enak banget ya!

Ayam Tangkap
Sesuai dengan namanya, Ayam Tangkap ialah salah satu jenis masakan yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Ayam hal yang demikian kemudian dibumbui dengan bermacam-macam jenis rempah, seperti temurui, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau.

Daun temurui yang diterapkan sebagai salah satu rempah biasanya disampaikan dalam jumlah banyak sehingga tampak seperti ayam yang tertangkap, dan inilah yang menjadi latar belakang kenapa hidangan ini dinamakan Ayam Tangkap.

Setelah selesai, Ayam Tangkap biasanya disampaikan dengan bumbu kecap dan nasih hangat dengan ukuran satu ayam utuh. Harga per ekornya dapat dibanderol Rp60.000. Tapi, dikarenakan ukurannya yang besar, ayam hal yang demikian setidaknya dapat dirasakan untuk 4 sampai 5 orang lho.

Anjuran Wisata Kuliner Nikmat dan Murah di Banda Aceh
Selain mengetahui makanan khas yang patut dicoba, mengetahui rekomendasi tamasya masakan murah nan enak yang ada di Banda Aceh juga diperlukan.

Jikalau hal yang demikian supaya kau tak kebingungan saat berkeinginan mulai bertamasya masakan. Nah, bagi kau yang tengah mencari rekomendasi tamasya masakan enak di Banda Aceh dengan harga murah, siapa tahu pembahasan kali ini dapat memberikanmu beberapa pilihan. Yuk disimak!

1. Rumah Makan Hasan
Jikalau kau berkeinginan coba mencicipi aneka jenis makanan khas Aceh, Rumah Makan Hasan patut dicoba. Wisata masakan enak di Banda Aceh dengan harga murah ini memiliki banyak sekali makanan khas yang disampaikan di rumah makan ini, seperti ayam tangkap dan sie kameng. Selain itu, kau juga dapat mengorder kuwak pliek u yang betul-betul lezat.

Untuk saat ini, Rumah Makan Hasan memiliki 3 cabang yang terletak di beberapa lokasi di Banda Aceh, ialah di Jalan Laksamana Malahayati, Lamnyong, dan Banda Aceh.

Menu Andalan : Kari Kambing & Ayam Tangkap

Kisaran Harga : Rp15.000 – Rp25.000

Sudah : Landom, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23122

2. Mie Razali
Pun berkeinginan mencicipi mie Aceh enak dengan harga murah, karenanya datanglah ke Mie Razali. Alamat buka semenjak tahun 1967, warung mie aceh ini menjadi salah satu tamasya masakan enak di Banda Aceh dengan harga murah yang patut dikunjungi.

Selain, konon katanya Presiden Joko Widodo juga sempat menyempatkan diri untuk berkunjung ke warung ini demi merasakan lezatnya sajian Mie Aceh yang menjadi menu andalan.

Mie Aceh di warung ini disampaikan dengan tiga jenis cara yang dapat dipilih oleh para pengunjung, ialah mie rebus, mie goreng, dan mie goreng berair, yang tentunya juga dilengkapi dengan bermacam-macam varian isi, seperti ayam, daging, udang, cumi, kepiting, dan jamur.

Menu Andalan : Mie Aceh Kepiting

Kisaran Harga : Rp. 10.000 – Rp. 45.000

Sudah : Jl. Panglima Polem, No. 83-85, Banda Aceh

3. Canai Mamak Kualalumpur
Menjadi salah satu kedai makanan yang nyaris tak pernah sepi, Canai Mamak Kualalumpur juga patut untuk dikunjungi dan menjadi salah satu rekomendasi tamasya masakan enak di Banda Aceh dengan harga murah.

Rumah makan ini didirikan seketika oleh warga autentik Aceh yang terinspirasi saat tengah berprofesi di Kuala Lumpur, Malaysia. Ditambah lagi banyaknya masyarakat Sumatera, termasuk Aceh, yang menjadi penikmat Roti Canai yang ialah salah satu masakan khas dari Malaysia.

Rumah makan ini menyampaikan aneka jenis jenis roti canai yang dapat dipilih oleh pengunjung, mulai dari roti canai manis seperti cokelat dan keju, sampai roti canai asin seperti kari. Selain bermacam-macam jenis roti canai, Canaik Mamak Kualalumpur juga menyampaikan makanan berat lainnya seperti nasi lemak, nasi briyani, dan teh tarik.

Sayangnya, rumah makan satu ini memang memiliki menu yang beberapa besar ialah makanan khas Malaysia dan bukan Aceh. Tapi apabila kau berkeinginan mencicipi suatu cita rasa yang berbeda, tak ada salahnya untuk mewujudkan Canai Mamak Kualalumpur sebagai pilihan yang dapat dikunjungi.

Menu Andalan : Canai Kari Ayam

Kisaran Harga : Rp. 10.000 – Rp. 25.000

Sudah : Jl. Teuku Umar No. 51 Setui, Banda Aceh

4. Ayam Lepas
Sesuai dengan namanya, kafe satu ini memang menyampaikan hidangan ayam sebagai menu utamanya. Lantas banyak rumah makan yang juga turut menyediakan ayam, melainkan berbeda di rumah makan satu ini. Disini kau akan merasakan masakan ayam goreng yang dapat dipastikan tak akan kau jumpai di daerah lain.

Menyantap ayam goreng disini, kau akan merasakan sensasi pedas yang demikian itu menggigit melainkan juga sekalian menggoyah lidah. Sekali mencicipi, dijamin akan membuatmu ketagihan. Untuk Rumah Makan Ayam Lepas itu sendiri, saat ini sudah memiliki 4 cabang yang tersebar di beberapa daerah di Banda Aceh, seperti di Lamnyong, Peuniti, Batoh, dan Simpang 5.

Menu Andalan : Ayam Goreng

Kisaran Harga : Rp. 15.000 – Rp. 25.000

Sudah : Jl. Simpang Lima, Banda Aceh

tetapkan tanggal tamasya dan pesan pesawat serta hotel kau buat tamasya di Banda Aceh seketika. Jangan lewatkan kesempatan menjelajah masakan di daerah yang betul-betul familiar akan kopinya hal yang demikian. Jangan lupa sebelum berangkat, lindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan yang dapat kau pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *