Vietnam tenar dengan makanannya yang segar, banyak sayur, dengan bumbu yang lebih light ketimbang Indonesia. Sebagian makanan seperti pho, vietnamese spring roll, dan banh mi banyak diminati lidah internasional yang membuatnya go international. Kecuali, makanan-makanan tersebut, ada banyak makanan kaki lima khas Vietnam yang juga nikmat dan masuk ke lidah Asia, salah satunya merupakan banh xeo.

Apabila banh mi merupakan sandwich-nya orang Vietnam, banh xeo merupakan panekuk khas Negeri Naga Biru ini. Banh xeo punya ciri khas seperti kulit panekuknya berwarna kuning cemerlang sebab ada tambahan kunyit. Panekuk ini juga punya isian berupa sayuran segar, rempah segar, serta protein hewani.

Kalian yang berencana berlibur ke Vietnam dan mahjong slot berharap mencoba makanan-makanan uniknya, dapat mencoba panekuk gurih satu ini. Untuk itu, kalian mesti tahu sebagian kabar menarik perihal banh xeo. Apa saja? Simak tulisan ini, ya.

1. Panekuk dengan kulit bercita rasa kunyit yang unik

Banh xeo merupakan makanan khas Vietnam yang berbentuk seperti panekuk dengan jenis isian daging dan sayur yang segar. Adonan panekuk ini terbuat dari tepung beras, kunyit, serta santan yang menjadikan adonan tebal berwarna kuning yang mirip dengan adonan lumpia.

Isiannya bermacam-jenis pantas dengan kearifan lokal daerah di Vietnam melainkan biasanya ada sayuran segar, protein hewani seperti daging babi, seafood,  udang, daging sapi, dan rempah seperti ketumbar, daun mint, dan peterserli. Kecuali di Vietnam, banh xeo juga tenar di Thailand dan Kamboja.

2. Makanan para petani dan pekerja Vietnam

Memberitakannya dari web Tasting Table dan Saigoneers, banh xeo diyakini pertama kali ditemukan di wilayah Vietnam Tengah pada era Tay Son.

Gerakan Tay Son merupakan momen besar di Vietnam yang merubah pandangan politik dan sosial di Vietnam pada abad ke-18, gerakan ini terjadi antara tahun 1771 dan 1802. Di era Tay Son ini, panekuk gurih ini tenar sehingga penduduk setempat beralih dari pola makan nasi dan memilih banh xeo sebagai pengganti makanan khas mereka.

Banh xeo merupakan makanan sehari-hari para petani dan pekerja Vietnam. Seiring berjalannya waktu, banh xeo menjadi street food populer di Vietnam melainkan tetap menjadi makanan utama dari para pekerja.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *