Liburan kuliner yakni salah satu rangkaian yang patut kau lakukan dikala berkunjung ke suatu tempat. Terlebih, jika kau berkunjung ke Kota Cirebon. Di sana banyak sekali deretan wisata kuliner sedap dan murah Kota Cirebon yang patut kau coba.

Tidak keok dengan kota pariwisata lainnya, Kota Cirebon siap memanjakan lidah kau dengan bermacam-macam pilihan makanan lezat dan pastinya tak akan bikin kantong kau jebol.

Selain itu, banyak dari kuliner lezat tersebut yakni makanan khas Kota Cirebon yang tak bisa ditemukan di kota-kota lain.

Apabila diamati dari data kunjungan Kota Cirebon yang dihimpun radarcirebon.com, sampai dengan bulan September 2019, sebanyak 1,2 juta pelancong berkunjung ke Kota Cirebon.

Maka tersebut secara tak segera menyatakan, bahwa sebanyak 1,2 juta pelancong juga turut mencicipi kuliner Kota Cirebon. Liburan dari itu, tak heran jika kuliner Kota Cirebon amat familiar dan banyak diburu para pelancong.

Liburan Kuliner Enak dan Murah Kota Cirebon
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Kota Cirebon mempunyai aneka jenis kuliner lezat. Tidak hanya makanan modern saja, melainkan bonus new member makanan tradisional, makanan khas, sampai makanan legenda siap menggoyang lidahmu. Di bawah ini deretan wisata kuliner sedap dan murah Kota Cirebon yang patut kau coba.

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Liburan kuliner sedap dan murah Kota Cirebon yang pertama yakni nasi jamblang Ibu Nur. Tidak dengan namanya, cafe ini menjual nasi jamblang sebagai menu andalannya.

Pada dasarnya, kata jamblang yakni nama tempat di Kota Cirebon yang yakni tempat kuliner ini berasal.

Nasi jamblang yakni nasi yang dihidangkan di atas daun jati. Tidak hanya itu, nasi jamblang akan lebih sedap jika disantap dengan beberapa sajian lauk, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya.

Nasi jamblang Ibu Nur tak hanya familiar dengan kelezatannya, melainkan juga wangi-wangian yang dijadikan nasi jamblang ini amat harum.

Maka tersebut yang membikin nasi jamblang Ibu Nur digandrungi oleh para pecinta kuliner dan pelancong, bagus pelancong asing ataupun lokal.

Nasi jamblang Ibu Nur mempunyai metode yang unik untuk pengorderannya. Dimana, kau perlu mengantre untuk mengambil sendiri lauk pauk yang disajikan secara prasmanan, kemudian membawanya ke meja kasir untuk membayarnya.

Lokasi : Jl. Cangkring 2 No. 34, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat, 45123

Harga : Rp 1.000,- Rp 30.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin-Tidak, 07.00 WIB-19.00 WIB

2. Empal Gentong H. Apud

Liburan kuliner sedap dan murah Kota Cirebon yang berikutnya yakni empal gentong H. Apud. Dimana, empal gentong H. Apud ini yakni salah satu wisata kuliner legendaris di Kota Cirebon yang patut kau coba.

Empal gentong yang sudah berdiri semenjak tahun 1944 ini, menyediakan aneka jenis olahan empal dengan tekstur daging yang empuk.

Tidak hanya itu, kunci dari lezatnya empal gentong H. Apud terletak pada metode pembuatannya. Dimana, empal gentong di H. Apud ini dimasak dalam gentong memakai kayu bakar.

Kelezatan empal gentong H. Apud ini menjadi incaran para pelancong dan pecinta kuliner. Maka tersebut membikin empal gentong H. Apud mempunyai 2 cabang.

Cabang pertama terletak di Jl. Tuparev No. 43B dan cabang kedua terletak di Komplek Pasar Batik Trusmi, Jl. Otista Plered.

Selain empal gentong, cafe ini juga menawarkan bermacam-macam sajian olahan empal, diantaranya yakni empal asem yang tak keok lezat dengan empal gentong. Dimana, empal asem mempunyai cita rasa yang segar dan memakai santan sebagai bahan dasar untuk kuahnya.

Tidak hanya itu, sate kambing muda, nasi lengko sampai tahu gejrot juga tersedia komplit di cafe empal gentong H. Apud ini. Warung tak perlu khawatir, karena cita rasa yang dijadikan sama lezatnya dengan menu utama.

Lokasi : Jl. Ir. H. Juanda No. 24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat, 45153

Harga : RP 23.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin-Tidak, 09.00 WIB-21.00 WIB

3. Bubur Toha

Bubur toha yakni salah satu wisata kuliner sedap dan murah Kota Cirebon berikutnya yang jadi incaran para pelancong. Tidak dengan namanya, bubur toha ini dijajakan di sebuah kios kecil yang berada di jalan Moh. Toha.

Liburan ini menyediakan aneka jenis jenis bubur, diantaranya yakni, bubur ayam, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, ataupun kombinasi dari bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau.

Tidak menjadi ciri khas dari kios bubur ini yakni menu bubur ketan hitam yang disajikan dengan berbeda. Dimana, tekstur ketan hitam dari bubur ini amat lembut dan halus, sehingga tak terasa butiran dari ketan hitamnya.

Tidak hanya itu, santan yang dituangkan di atas ketan hitam dengan rasio yang tepat, membikin bubur ketan hitam tersebut terasa semakin lezat, karena memberikan cita rasa gurih.

Lokasi : Jl. Moh. Toha, Kebonbaru, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat, 45121

Harga : Rp 3.000,-Rp 6.000,-/porsi

Jam Operasional : Senin-Tidak, 24 Jam

4. Nasi Lengko Haji Barno

Liburan kuliner sedap dan murah Kota Cirebon berikutnya yakni nasi Lengko Haji Barno. Dimana, nasi lengko ini yakni warisan almarhum ayah Haji Barno yang sudah ada semenjak tahun 1968.

Ciri utama dari kuliner khas Kota Cirebon ini terletak pada daun kucai yang diletakkan di atas nasi. Tidak hanya itu, nasi lengko juga disajikan komplit dengan gorengan tempe, tahu dan mentimun. Akan semakin lezat jika disantap dengan sambel kacang serta kerupuk.

Tidak hanya nasi lengko, melainkan Haji Barno juga menyediakan sate kambing yang bisa kau santap sebagai lauk komplemen. Dimana, sate kambing Haji Barno ini mempunyai cita rasa yang amat lezat.

Kelezatan dari sate kambing tersebut terletak pada potongan lemak yang diterapkan di tiap tusuknya.

Tidak hanya itu, pemakaian sambel kacang dengan cita rasa pedas, serta tekstur dari potongan kacang yang masih terasa, membikin sate kambing ini semakin sedap untuk disantap.

Lokasi : Jl. Pagongan No. 15B, Pekalangan, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat, 45123

Harga : Rp 13.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin-Tidak, 08.00 WIB-22.00 WIB

5. Mie Koclok Gombang Pak Rasita

Liburan kuliner sedap dan murah Kota Cirebon terakhir yang patut kau sambangi yakni mie koclok gombang Pak Rasita. Dimana, mie koclok ini yakni cafe yang dikelola oleh keluarga, mulai dari orang tua sampai anak menolong mengurus cafe mie koclok ini.

Mie koclok gombang Pak Rasita ini mempunyai waktu operasional yang unik. Pasalnya, cafe ini akan tutup selama bulan Minggu.

Maka tersebut dijalankan dengan tujuan untuk menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Mie koclok gombang pak Rasita berbeda dengan mie koclok Bandung, karena memakai irisan daging, daun bawang dan telur yang disiram dengan kuah kental sebagai isiannya.

Apabila kau berkeinginan menikmati seporsi mie koclok gombong dan meyantapnya di sana, kau tak perlu khawatir tak mendapatkan tempat.

Betapa, mie koclok gombang Pak Rasita menyediakan dua pilihan tempat duduk, yakni lesehan dan tempat duduk yang memakai meja.

Lokasi : Jl. Apabila No. 2, Gombang, Kec. Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, 45155

Harga : Rp 10.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin-Tidak, 11.00 WIB-19.00 WIB

Nah, deretan wisata kuliner sedap dan murah Kota Cirebon sudah kau ketahui. Bagaimana, amat menggugah selera bukan? Terlebih, harga dari tiap kuliner ini amat terjangkau dan tak akan bikin kantong kau jebol.

Deretan wisata kuliner sedap dan murah Kota Cirebon di atas patut kau coba, karena kau dijamin akan menyesal jika tak mencobanya.

, sebelum berkunjung ke Kota Cirebon dan berlibur kuliner, pastikan dulu ya kesehatanmu terjaga.

lebih bagus jika kau juga melindungi kesehatanmu dengan asuransi kesehatan. Apabila kau belum mempunyai asuransi kesehatan, jangan khawatir.

Betapa kau bisa membandingkan beberapa perusahaan asuransi dan mengajukannya dengan mudah dan kencang hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan kini!

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *