Rekomendasi Makanan Oleh-oleh Manado Kekinian

Berencana liburan dalam negeri Manado bisa menjadi alternatif terbaik

Saat liburan ke Manado, tak lengkap rasanya jika Anda tak membawa pulang oleh-oleh Manado berbentuk slot makanan untuk para kerabat. Mulai berasal dari kue kering sampai sambal, Kota Tinutuan ini menaruh segudang pilihan oleh-oleh makanan untuk Anda kantongi. Apa saja daftarnya? Simak panduan berikut ini!kuliner kha

9 Rekomendasi Oleh-oleh Manado Kekinian

Jangan sampai Anda pulang berasal dari liburan di Manado dengan tangan kosong. Berikut ini panduan souvenir khas Manado berbentuk makanan sebagai referensi. Simak selengkapnya!

1. Panada

Salah satu kue khas manado yang terkenal adalah Panada. Panada punyai wujud menyerupai pastel dengan isikan paduan parutan pepaya muda dan ikan cakalang. Biasanya, kue ini membawa citarasa gurih dan pedas.

Rasanya yang nikmat dan isinya yang berlimpah menyebabkan kue ini terkenal di kalangan wisatawan Manado yang menginginkan makan cemilan untuk mengganjal perut. Selain menjadi cemilan selagi moment liburan, Anda terhitung bisa membawa kue ini sebagai oleh-oleh sepulang liburan.

2. Sambal Roa

Sambal roa merupakan sambal khas Manado yang ternama di kalangan penduduk luas. Pasalnya, sambal ini punyai citarasa lezat yang unik dan khas. Sesuai namanya, sambal roa terbuat berasal dari olahan ikan roa asap yang dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah agar menghasilkan sambal yang menggugah selera.

Tak heran, banyak wisatawan Manado yang menentukan sambal roa untuk dibawa pulang. Selain rasanya yang nikmat, harganya pun relatif murah dan produknya bisa bertahan lama.

3. Halua Kenari

Salah satu komoditas utama penduduk Manado adalah kacang kenari. Banyak produk olahan kenari yang menjadi ciri khas kota ini, tidak benar satunya halua kenari. Halua kenari merupakan paduan kenari dan gula aren dengan tekstur renyah dan lengket. Rasa gurih berasal dari kenari dan manis berasal dari gula aren merupakan paduan unik yang patut dicoba.

Kue ini cuma bisa Anda temukan di Manado. Jadi, oleh-oleh Manado halal yang satu ini perlu Anda bawa pulang selepas liburan.

4. Kacang Goyang

Nama unik kacang goyang berasal berasal dari proses pembuatan kudapan berbahan dasar kacang atom ini yang dilakukan dengan langkah digoyang-goyangkan.

Tujuan berasal dari proses pembuatan berikut adalah untuk membalut kacang atom dengan tepung terigu dan gula agar bisa tercampur rata. Kacang goyang punyai citarasa gurih dan manis yang menarik untuk Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5. Cakalang Pampis

Menu yang satu ini berbahan dasar ikan cakalang fufu yang disuwir-suwir dan dikombinasikan dengan bumbu dan rempah khas Manado. Tak cuma bisa dijadikan lauk selagi makan nasi, perpaduan rasa ikan cakalang fufu dan rempah yang gurih membuatnya cocok menjadi camilan.

Tak heran, menu khas Manado ini menjadi favorit orang-orang untuk dijadikan oleh-oleh.

6. Pia Amurang

Sesuai namanya, produk jajanan pia ini adalah kudapan khas penduduk Amurang, Minahasa Selatan.

Menu ini terbuat berasal dari campuran kacang hijau dan gula. Kemudian, campuran berikut dibalut dengan adonan tepung dan dipanggang. Hasilnya, Pia Amurang punyai rasa manis gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Jajanan ini merupakan tidak benar satu oleh-oleh yang tahan lama, apalagi sampai 3 bulan. Maka berasal dari itu, Pia Amurang adalah opsi yang cocok untuk menjadi oleh-oleh.

7. Dodol Amurang

Masih berasal dari tempat Amurang, Dodol Amurang adalah produk jajanan yang tak kalah menggiurkan. Layaknya dodol pada umumnya, Dodol Amurang punyai tekstur lembut dan lengket.

Yang menyebabkan Dodol Amurang beda dengan dodol lainnya adalah tambahan kayu manis pada komposisinya serta balutan daun woku atau daun lontar sebagai bahan pengemasnya. Jika tertarik dengan oleh-oleh ala Manado dengan citarasa yang legit, Dodol Amurang adalah alternatif yang tepat.

8. Klappertaart

Kue ini merupakan hasil modifikasi kue asal Belanda yang dibuat ala Manado. Nama Klappertaart berasal berasal dari kata “klapper” yang berarti “kelapa” dan “tart” yang berarti “kue” dalam bhs Belanda. Sesuai namanya, kue ini berbahan dasar air kelapa, tepung, gula, air, dan susu. Dengan proses pengolahan ala penduduk Manado, jadilah Klappertaart yang manis, gurih, lembut, dan cocok menjadi oleh-oleh.

9. Pala Manis

Kudapan yang satu ini sungguh simpel, yaitu berbentuk pala yang diberi baluran gula cair. Hasilnya, buah pala yang biasanya terkenal sepat menjadi manis dan bisa memanjakan lidah dengan teksturnya yang empuk.

Selain nikmat, cemilan yang satu ini pun terbilang tahan lama agar cocok Anda jadikan oleh-oleh ala Manado.

By admin5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *