Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang tenar dengan kuliner khasnya. Ada banyak sekali makanan khas Makassar tenar yang wajib dicoba oleh para wisatawan dikala datang ke area ini.

Sebab, kota yang termasuk unggul bakal wisata pantai dan dataran tingginya ini punya banyak ragam tipe kuliner menarik yang sayang dilewatkan.

Selama ini bisa saja wisatawan cuma familier dengan hidangan coto Makassar. Konon, makanan tradisional kebanggaan penduduk Makassar ini udah tersedia sejak masa Kerajaan Gowa sekitar pada abad 16.

Berbagai sumber menyebut, kala itu coto Makassar menjadi hidangan istimewa bagi kalangan istana Kerajaan Gowa. Sajian soto ini pun sebenarnya tak jauh tidak serupa jauh dengan tipe soto dari area lain di Indonesia.

Hanya saja, coto mendapat dampak dari kuliner Cina berdasarkan bahan pelengkap yang digunakan, yaitu sambal tauco.

Nah, tak sekedar coto, tersedia pula makanan khas lain yang tak kalah sedap untuk dicicipi. Dirangkum dari berbagai sumber, selanjutnya himbauan kuliner khas Makassar yang wajib dicoba.

1. Coto Makassar

Coto Makassar atau coto Mangkasara adalah sup yang isiannya situs judi bola online terdiri dari daging, aneka jeroan sapi, dan bumbu rempah yang dimasak cukup lama.

Uniknya, pembuatan kuah coto gunakan air cucian beras. Cita rasa kuah coto Makassar ini gurih dan berempah. Biasanya coto disantap dengan ketupat, lontong, atau dapat termasuk nasi.

2. Sup konro

Sup konro adalah hidangan sup iga sapi khas Makassar yang disajikan dengan kuah keruh berbahan keluak serta aneka rempah-rempah segar.

Selain disajikan dalam bentuk sup atau berkuah, tersedia termasuk menu konro bakar yang rasanya tidak kalah sedap untuk memanjakan lidah Anda.

3. Mi titi

Mi titi adalah sajian mi kuning kering khas Makassar yang disiram dengan kuah kental campuran tepung kanji.

Untuk meningkatkan cita rasa gurih dari mi dan kuah kental, mi titi disajikan dengan irisan daging ayam, sapi, dan aneka seafood serta sayuran sebagai pelengkapnya.

4. Jalangkote

Jalangkote merupakan makanan mudah yang punya bentuk mirip dengan pastel. Kulit dari jalangkote cukup tipis supaya rasanya krispi di luar.

Isian jalangkote berwujud campuran dari irisan wortel, kentang, taoge, telur, bihun, atau mi, sedang langkah makannya dicocol ke sambal cuka dengan potongan cabe dan bawang.

5. Pallubasa

Pallubasa adalah makanan khas yang bentuknya agak mirip coto Makassar gara-gara sama-sama punya warna kuah keruh dan gunakan jeroan sebagai isiannya.

Perbedaannya tersedia pada isian tambahan yaitu gunakan telur ayam kampung mentah, dan dicampur begitu saja ke dalam kuah pallubasa yang masih panas.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *