kuliner khas kebumen

Kebumen, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki beragam kuliner khas yang terkenal dan legendaris. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Gethuk Lindri: Gethuk adalah makanan yang terbuat dari umbi singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah atau gula pasir. Gethuk Lindri khas Kebumen memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.
  2. Sate Klathak: Sate Klathak adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusukan sate yang besar. Daging kambing tersebut kemudian dipanggang dengan arang hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang dan lalapan.
  3. Nasi Gandul: Nasi Gandul adalah hidangan nasi dengan kuah kental slot bebas ip yang terbuat dari santan, daging sapi, dan rempah-rempah. Kuah kental tersebut disiramkan di atas nasi putih dan disajikan dengan telur rebus, tauge, bawang goreng, dan emping.
  4. Ronde Kebumen: Ronde adalah makanan manis yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan pasta kacang hijau. Ronde tersebut kemudian direbus dalam air gula dan disajikan bersama dengan kuah jahe.
  5. Nasi Pecel Kebumen: Nasi Pecel adalah hidangan nasi dengan sayuran rebus seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge yang disiram dengan bumbu sambal kacang yang pedas. Nasi Pecel Kebumen memiliki cita rasa yang khas dan biasanya disajikan dengan kerupuk dan telur rebus.
  6. Tiwul: Tiwul adalah makanan tradisional khas Kebumen yang terbuat dari tepung kasava yang diolah menjadi bubur. Bubur Tiwul biasanya disajikan dengan gula merah atau santan.
  7. Grombyang: Grombyang adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah, kemudian dibentuk bulat dan digoreng hingga matang. Grombyang memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Inilah beberapa kuliner khas Kebumen yang legendaris dan patut dicoba jika Anda berkunjung ke kota ini. Keunikan rasa dan cita rasa tradisionalnya pasti akan menggugah selera Anda.

By admin2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *